RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
"Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali" (Q.S Maryam:33)

TERUMBU KARANG JANTUNG LAUTKU


Gambar 1

TERUMBU karang merupakan jantung kehidupan biota laut yang keberadaannya kini semakin meprihatinkan. Disebut sebagai jantung kehidupan biota laut karena tempat tinggal, berkembang biak dan mencari makan ribuan jenis ikan, hewan dan tumbuhan yang menjadi tumpuan kita. Kehidupan di terumbu karang di dasari oleh hubungan saling tergantung antara ribuan makhluk. Rantai makanan adalah salah satu d
ari bentuk hubungan tersebut. Tidak hanya itu proses terciptanya pun tidak mudah. Terumbu karang membutuhkan waktu berjuta tahun hingga dapat tercipta secara utuh dan indah. Terumbu adalah batuan sedimen kapur di laut, yang juga meliputi karang hidup dan karang mati yang menempel pada batuan kapur tersebut. Sedimentasi kapur di terumbu dapat berasal dari karang maupun dari alga. Secara fisik terumbu karang adalah terumbu yang terbentuk dari kapur yang dihasilkan oleh karang. Di Indonesia semua terumbu berasal dari kapur yang sebagian besar dihasilkan koral. Kerangka karang mengalami erosi dan terakumulasi menempel di dasar terumbu. Dan yang ada di perairan Indonesia saat ini paling tidak mulai terbentuk sejak 450 juta tahun silam.


Gambar 2. Terumbu Karang di Pulau Pari yang sudah rusak


Tetapi karunia yang sangat berharga ini banyak disalahg
unakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kelangsungan hidup terumbu karang di Indonesia kini semakin memprihatinkan. Tentunya karena aktivitas manusia yang memiliki kepentingan pribadi. Pemandangan yang sangat mengeherankan ketika setahun yang lalu teman-teman Geografi 2008 UNJ melakukan observasi ke Pulau Pari yang berada di Kepulauan Seribu. Mereka bilang di depan rumah warga yang berada di pesisir pantai banyak tumpukan terumbu karang yang sengaja diambil dan kemudian dikomersilkan untuk pembuatan pondasi rumah. Pertanyaan yang terlintas pada waktu itu adalah “Mengapa mereka tidak menggunakan batu yang biasanya digunakan untuk pondasi rumah?”. Sangat disayangkan terumbu karang yang seharusnya menjadi pelindung kehidupan biota laut dan sebagai pencegah abrasi pantai ini harus diambil dan digunakan sebagai pondasi rumah hanya karena terumbu karang memiliki kekuatan yang kokoh serta harga yang relatif mahal daripada batu biasa. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran warga sekitar mengenai manfaat dari terumbu karang dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah, LSM serta lembaga yang bertanggung jawab dalam perlindungan terumbu karang adalah beberapa penyebabnya. Ini hanya sebagian kecil aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab,masih banyak lagi oknum-oknum yang tidak melestarikan terumbu karang hanya untuk kepentingan pribadinya. Tidak hanya pengambilan terumbu karang saja, penangkapan ikan yang menggunakan bom, pencemaran yang diakibatkan oleh industri, pembuangan sampah dan tumpahnya minyak dari kapal-kapal juga mengancam kelestarian terumbu karang. Maka dari itu saya mengajak teman-teman, mulailah dari diri sendiri untuk mulai peduli dengan lingkungan sekitar sehingga kita juga akan dimuliakan dengan kehidupannya.

Bayangkan jika di lautan kita sudah tidak memili
ki terumbu karang, ikan-ikan sebagai sumber pangan otomatis tidak ada. Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan yang mempunyai banyak perairan, kehidupannya sangat bergantung pada sumberdaya kelautan. Bagaimana dengan nasib anak cucu kita jika hal itu terjadi? Tanyakan pada hati kita masing-masing.
Setelah mengenali, maka cintai dan peliharalah
terumbu karang, karena terumbu karang mempunyai fungsi dan manfaat serta arti yang amat penting bagi kehidupan manusia baik segi ekonomi maupun sebagai penunjang kegiatan pariwisata dan manfaat terumbu karang adalah:
1. Proses kehidupan yang memerlukan waktu
yang sangat lama untuk tumbuh dan berkembang biak untuk membentuk seperti kondisi saat ini.
2. Tempat tinggal, berkembang biak dan mencari makan ribuan jenis ikan, hewan dan tumbuhan yang menjadi tumpuan kita.
3. Indonesia memiliki terumbu karang terluas didunia, dengan luas sekitar 600.000 km2.
4. Sumberdaya laut yang mempunyai nilai potensi ekonomi yang sangat tinggi.
5. Sebagai laboratorium alam untuk penunjang pendidikan
dan penelitian.
6. Terumbu karang merupakan habitat bagi sejumlah spesies yang terancam punah serti kima raksasa dan penyu laut.

7. Dari segi fisik terumbu karang berfungsi sebagai pelindung pantai dari erosi dan abrasi, struktur karang yang keras dapat menahan gelombang dan arus sehingga mengurangi abrasi pantai dan mencegah rusaknya ekosistem pantai lain seperti padang lamun dan magrove
8. Terumbu karang merupakan sumber perikanan yang tingg
i. Dari 132 jenis ikan yang bernilai ekonomi di Indonesia, 32 jenis diantaranya hidup di terumbu karang, berbagai jenis ikan karang menjadi komoditi ekspor. Terumbu karang yang sehat menghasilkan 3 - 10 ton ikan per kilometer persegi pertahun.
9. Keindahan terumbu karang sangat potensial untuk wisata
bahari. Masyarakat disekitar terumbu karang dapat memanfaatkan hal ini dengan mendirikan pusat-pusat penyelaman, restoran, penginapan sehingga pendapatan mereka bertambah
10. Terumbu karang potensi masa depan untuk sumber lapangan kerja bagi rakyat Indonesia




Gambar 3. Observasi Geo'08 UNJ ke Pulau Pari melihat keberadaan terumbu karang

Beberapa gambar di atas adalah wujud nyata kepedulian mahasiswa UNJ terhadap kelestarian terumbu karang




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar